Senin, 04 Januari 2021

Awal Mencoba Menulis Setiap Hari Bisakah?




Assalamuallaikum Wr. Wb. Alhamdulillah bisa ketemu lagi bersama saya malam ini pada pukul 19.00 saya mengawali lagi untuk belajar menulis melalui keikut sertaan dalam kegiatan diklat menulis.
Malam ini adalah malam pertama dalam pelaksanaan diklat menulis dimana diisi oleh narasumber yang sangat profesional tidak lain dan tidak bukan adalah beliau yang luar biasa masternya dalam menulis yaitu Bapak Wijaya Kusuma, M.Pd. atau kita kenal Omjay dengan dibantu oleh moderator yang handal dan ceria yaitu bu Aam Nurhasanah, S.Pd. berliau juga selain moderator handal juga pandai dalam menulis.

Pada awalnya saya agak ragu mengikuti diklat ini tapi karena saya ingin bisa membuat tulisan terutama buku sederhana akhirnya saya memberanikan diri mengikuti pelatihan. Saya daftar pada bulan Desember dan sudah masuk digroup diklat menulis hanya bisa menyimak saja dan melihat - lihat hasil blog teman - teman yang sudah mengikuti diklat digelombang 16.

Sekarang waktunya tiba untuk saya mengikuti diklat menulis ini pertemuan pertama saya bersama narasumber handal. Pertama - tama saya diminta untuk absen oleh moderator ( bu Aam ) setelah absen maka dilanjutkan penyampaian materi perdananya oleh Bapak Wijaya Kusuma, M.Pd. ( Omjay )
Omjay berkata bahwa " beliau mulai menulis setiap hari sejak memiliki blog diinternet dan ini menjadi suatu kebiasaaan". Ibarat pribahasa bagaikan anak kecil yang kehilangan buku tulis.

 Ini adalah hasil karya Omjay tentang menulis setiap hari ini merupakan cetakan yang ketiga beliau. Omjay sampai merasakan kenikmatan tersendiri ketika menuliskan kalimat demi kalimat diblognya. Bahkan beliau berpendapat bahwa pengetahuan yang beliau miliki harus diketahui oleh orang lain dengan cara sharing ( berbagi ) dengan blog lain. Omjay juga memiliki kebiasaan membaca buku sebanyak - banyaknya dan langsung membuat tulisan serta mengisi waktu luangnya dengan membuat tulisan.

Menurut literasi atau kebahasaan bahwa aspek membaca itu merupakan suatu kesatuan dengan menulis. Maka kegiatan membaca harus diikuti dengan menulis ketika kita membaca lalu mendapatkan ide maka langsung saja kita tuangkan ide tersebut dalam sebuah tulisan. Dan Omjay berkata " jangan pernah takut atau ragu salah dalam menulis teruslah menulis karena menulis akan melatih otak, mata dan bibir untuk bersinergi dengan kedua tangan kita. Bila otak, mata dan bibir kita menyatu maka akan menghasilkan tulisan yang bermutu." Tulisan yang bermutu akan menarik hati para pembaca.
Maka mulailah dari sekarang untuk membiasakan menulis sehari sekali untuk menghasilkan buku yang bermutu atau tulisan yang bermutu. Berikut salah satu hasil karya Omjay terbaru :


            

Saya berbalik tanya pada diri sendiri bisakah saya seperti Omjay? Bisakah saya menulis sehari sekali?, tapi saya akan mencoba dan berusaha mulai menulis dari malam ini, akan saya coba untuk menerapkan slogannya Omjay "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa Yang Terjadi" dan saya akan berusaha untuk mematikan rasa malas saya dalam menulis. Bahkan saya harus bisa mengikuti jejak Omjay dalam menulis. Ketika Omjay sakit pun masih bisa menciftakan suatu tulisan ini menunjukan semangat juang dalam membuat tulisan yang luar biasa. Inilah hasil karya Omjay ketika beliau sakit :


Ini adalah tulisan saya pada pertemuan pertama diklat dan mudah - mudahan bisa menjadi penyemangat saya dalam menulis sehari satu kali tulisan diblog dan terimakasih Omjay sudah memberikan Ilmunya kepada saya dan ini sangat bermanfaat bagi saya harapan saya semoga Omjay selalu diberi kesehatan sehingga ilmunya tidak akan habis untuk dishare pada kami - kami yang masih harus terus belajar dan semoga saya bisa mengikuti jejak Omjay untuk menulis sehari sekali dan menghilangkan penyakit malas dalam menulis. Sekali lagi terimakasih untuk semua ilmunya.








10 komentar:

gulaaren mengatakan...

Mantaps

Bunda Utami mengatakan...

Mantaap bu Herni..lanjutkan..

@rdpian mengatakan...

Mantap, resume nya lengkaps sekali...

Liezna Nasaru mengatakan...

Mantap Bu.. Semangat terus ya Bu..

Miftahul Hadi, S.Pd., Gr. mengatakan...

mantap, semangat literasi, semangat menginspirasi

Hernisbanah mengatakan...

maturauwun kunjungannya ke blog saya

indrakeren mengatakan...

Kerennn..
Terus Semangat Bu..
Asah terus kemampuan menulis dengan banyak membaca

Mampir ke jarimisterindra.blogspot.com

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun pak atas komentarnya

Khusnul mengatakan...

apik bun

Cak mengatakan...

Semangat menulis merupakan salah satu anugerah dari Allah subhanahu wa ta'ala sehingga patut disyukuri Tidak semua orang yang memiliki talenta itu kadang saya juga merasa iri dengan orang-orang yang dengan mudahnya menuliskan gagasan-gagasannya

Puisiku 40