Selasa, 05 Januari 2021

Goresan Tinta Di Pagi Ini

 


Selamat Pagi di SMP Negeri 2 Wangon


Kembali lagi ke aktivitas seperti biasa memberi pembelajaran online pada peserta didik diawali dengan menyapa memberi salam, memberi semangat pagi, berdo'a dan mengabsen para peserta didik. Sesuai dengan selogan 5(S) yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santu. Ini juga merupakan karakteristik bangsa Indonesia.

Setelah selesai memberikan materi kepada peserta didik dan pembelajaran selesai saya pun beristirahat untuk waktu 2 jam sebelum melanjukan ke pemberian materi ke kelas berikutnya. Untuk mengisi kekosongan waktu saya pun memberanikan diri untuk membuka blog teman - teman yang sudah mengikuti pelatihan menulis. Disalah satu blog teman diklat ada yang menarik bagi saya yaitu ditampilan blognya ada tulisan home, tips belajar, materi ppt, kontak anda dan channel youtube. Pada waktu buka blognya saya sempat bertanya teknik membuatnya tapi belum mendapatkan jawaban. Tapi saya juga sempat menyesal ketika ikut pelatihan membuat blog sekali waktu tidak fokus pada saat materi ini dan akhirnya saya belum bisa membuat tampilan blog seperti ini.

Dan dari penyesalan tadi akhirnya saya tertantang untuk membuka channel youtube tentang cara membuat tampilan blog dan akhirnya alhamdulillah saya mulai mempraktekannya. Dengan langkah awal yaitu :

- Membuka aplikasi blog.com dan tampilannya seperti dibawah ini.

Setelah menampilkan aplikasi blog.com kita pilih saluaran blog kita dan mulai memilih tata letak setelah memilih tata letak kita lanjutkan dengan mencari daftar halaman atas dan kita klik tanda pinsil maka akan keluar tampilan seperti berikut dibawah ini


Setelah muncul tampilan seperti disebelah kanan diatas ada tulisan konfigurasai daftar halaman ada 2 kalimat tertera disana yaitu dapat dilihat dan tampilan halaman yang kita centang adalah tampilan halaman dan kolong judul dilewati saja dilanjutkan pada beranda untuk tampilan beranda itu sudah ada dalam blog.

Kalau kita ingin mengganti dengan bahasa keren home bisa tinggal tulis dikotak beranda. Untuk menambah icon pada tampilan blog sebelah beranda tinggal klik tambahkan link eksternal lalu masukan icon yang akan kita tambahkan misal kontak anda dan lain - lain.

Kegiatan ini bisa dilakukan beberapa kali sesuai icon yang ingin kita tambahkan berikut contoh yang sudah jadi.



Ini tampilan beranda atau home dengan tambahan beberapa icon

Itu saja sementara untuk goresan pagiku ini dengan sedikit belajar tentang pengembangan aplikasi apa saja yang ada dalam blog semoga saya bisa melanjutkannya dipagi berikutnya.




















3 komentar:

Mujiatun, S.Pd. mengatakan...

Mantap dan keren Mbak 👍

Hernisbanah mengatakan...

matursuwun bu dan ingin terus belajar tentang blog lihat punya teman yang sudah bagus - bagus aplikasinya

sunandar mengatakan...

Mohon bimbingan dan berbagi ilmu pengetahuannta

Puisiku 40