Goresan Tinta Ke - 4 Ku
Oleh Herni Sunarya Banah
Hari ini kamis tanggal 4 Februari 2021 suasana begitu cerah, ceria nan segar. Seakan - akan menemani rutinitas saya pagi ini. Seperti biasa mengawali rutinitas pagi dengan melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Disela - sela waktu luang selalu saya sempatkan untuk memikirkan tentang suatu ide. Sudah berjam - jam tak satu pun ide yang muncul sudah dua tema yang saya ganti untuk membuat goresan tinta saat ini.
Secara tiba - tiba saya memikirkan perjalanan pembelajaran jarak jauh yang semakin lama semakin membuat para peserta didik mengalami kejenuhan. Berawal dari adanya pandemik proses belajar mengajar berubah haluan dari pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran secara online.
Dan haluan pembelajaran pun harus berubah total mulai dari pembuatan rencana pembelajaran sampai dengan media yang kita gunakan untuk pembelajaran online. Mungkin bagi beberapa guru yang sudah mempunyai kemahiran dalam IT dan sering menjelajahi dunia pendidikan di internet ini bukan menjadi suatu masalah. Namun bagi beberapa guru yang masih awam dengan IT ini harus berpikir keras untuk mencari solusinya.
Google meet manfaatnya untuk melakukan pembelajaran tatap muka melalui virtual atau jaringan internet. Sedangkan google form merupaka aplikasi yang dibuat untuk membuat absensi atau ulangan harian dan tugas.
Semua aplikasi diatas sudah mulai saya gunakan. Sedangkan untuk pemaparan materi ajarnya saya menggunakan power point dan google meet. Alhamdulillah proses belajar mengajar lancar namun sekitar 75% peserta didik yang hadir. Untuk memenuhi 25 % nya peserta didik yang tidak hadir di google meet saya beri link materinya supaya untuk dipelajari.
Selain kegiatan diatas untuk proses belajar mengajar saya kombinasikan dengan game dan quiz. Dengan tujuan peserta didik tetap bisa konsisten dengan belajarnya. Waktu pembelajaran secara online tak terasa sudah hampir setahun lamanya. Peserta didik dan tenaga pendidik hampir mendekati titik jenuh.
Untuk menghilangkan kejenuhan yang hampir saya alami. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari dan menjelajahi aplikasi apa yang kira - kira bisa membuat peserta didik tidak jenuh. Tiba - tiba kekita membuka akun isntagram ada suatu organisasi pendidik yaitu Analog Teacher akan mengadakan diklat animasi dengan menggunakan aplikasi plotagon.
Tanpa pikir panjang saya pun mendaftar untuk mengikutinya. Diklat pun berlangsung selama 5 hari dengan menghasilkan satu produk pembelajaran dengan menggunakan animasi. Aplikasi plotagon ini bisa merekam materi ajar sekaligus pemaparan menggunakan moving draw ( gambar gerak ).
Saya akan memaparkan sedikit cara kerjanya. Pada apliksi plotagon tahap awal adalah menetukan latar untuk percakapan. Setelah itu tentukan tokoh animasi yang sesuai dengan script. Tahap berikutnya pembuatan script. Dan tahapan terakhir yaitu membuat rekamannya.
Setelah mengikuti diklat ini akhirnya saya menghasilkan beberapa materi ajar dengan menggunakan animiasi. Kemudian saya terapkan dalam proses pembelajaran. Dan apa yang terjadi? Para peserta didik banyak yang mengomentari positif. Banyak yang menyukai pembelajaran dengan model animasi. Bahkan ada beberapa peserta didik yang menghendaki untuk belajar tentang animasi.
Pada akhirnya saya merasa senang, bangga dan puas. Proses pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online dengan menggunakan animasi berhasil membangunkan reaksi peserta didik untuk belajar. Jadi Ayo! teman - teman mulai dari sekarang buatlah pembelajaran yang lebih kreatif dengan menjelajahi berbagai macam media pembelajaran berbasis aplikasi. Dengan tunjuan menghilangkan kejenuhan pada proses belajar mengajar.
Seuntai kalimat indah :"Jangan Pantang Menyerah Jelajahilah Berbagai Apliksi Pembelajaran Untuk Menciftakan Peserta Didik Yang Cepat Reaksi".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar