Senin, 01 Februari 2021

Komitmen Kuat Membuat Janji Erat

Assalamuallaikum Wr. Wb. 

Kembali lagi bersama Herni Sunarya Banah masih tetap dengan lembaran goresan tinta yang kesekian kalinya. Suasana pagi yang cerah ini diiringi semilir angin segar dan kemilau sinar matahari nan indah seakan - akan mendorong semangat saya untuk selalu membuat goresan tinta.

Aktivitas pagi ini saya awali dengan absensi kantor mengunakan aplikasi timestamp kebetulan hari ini saya WFH. Pukul 07.30 saya mulai melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Materi dan tugaspun saya sampaikan kepada para peserta didik tak lupa untuk memberikan semangat ceria anak Indonesia serta menyampaikan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan)

Waktu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sesi pertama dan kedua berakhir pukul 09.30. Ada kekosongan waktu sekitar 30 menit sesi istirahat. Tanpa pikir pajang langsung saja saya buka aplikasi blogger.com dan memulai untuk membuat goresan tinta di pagi hari. Goresan tinta yang saya rancang hari ini yaitu membuat resume kegiatan diklat ke - 13 dengan bertemakan "Komitmen Kuat Membuat Janji Erat". Untuk lebih jelasnya Ayo! kita telusuri goresan tintanya.

Pada hari senin tanggal 1 Februari 2021 kegiatan diklat menulis PGRI dimulai. Diklat pertemuan ke -13 ini akan dipandu oleh moderator cantik siapa lagi kalau bukan Teh Aam. Dan berdampingan bersama narasumber hebat yaitu Pak Dedi Dwitagama. Dengan mengusung tema "Komitmen Menulis Di Blog". Detik demi detik berlalu dan akhirnya jarum jam pun mengarah pada angka 7 ini menandakan acara akan dimulai.

Awal acara dibuka oleh Omjay dengan membaca salam, sharing link absen dan tetap komitmen menyemangati kami. Setelah itu Omjay mengajak saya dan teman - teman  untuk menyimak foster yang berisikan lomba menulis di blog yang diselenggarakan PGRI. Omjay pun mengajak kami untuk bisa bergabung dalam kegiatan tersebut.

Lagi - lagi Beliau selalu mengingatkan dan menyemangati kami. Kali ini semangat yang disampaikannya adalah "Membuat resume hasil karya sendiri kelak akan menjelma menjadi buku yang enak dibaca"

Acara masih dilanjutkan oleh Omjay tapi sebelumnya Omjay mengajak kami untuk berdo's sejenak untuk mengenang para pengurus PGRI yang sudah meninggal dunia dan khususnya Bpk Sahiri Hermawan semoga Beliau meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Setelah itu Beliau mengungkapkan rasa kangenya terhadap seseorang yang mengispirasi Omjay sendiri yaitu Almarhum Bang Dian Kelana.

Bang Dian Kelana adalah seorang penulis buku tentang "Bagaimana Posting Buku di YPTD". Hasil karyanya pun sudah dibaca oleh 600 orang lebih. Namun sangat disayangkan Beliau di panggil oleh yang Maha Kuasa pad tanggal 1 Januari 2021.


Yang membuat Omjay terispirasi sampai saat ini walaupun Beliau sudah tiada namun tulisannya akan abdi sepanjang masa. Dan yang membuat Omjay terkenang adalah bisa bersahabat dengan orang - orang baik seperti Bang Dian Kelana. "Selamat jalan Bang semua karyamu akan di kenang sepanjang masa".

Waktu pun sudah menunjukan pukul 21.00 tapi acara inti belum di mulai saya pun bertanya - tanya. "Kenapa acaranya belum di mulai juga?". Tak lama kemudian Omjay mengakhiri pemaparan memoriannya tentang Bang Dian Kelana. Omjay berkata "Demikian memorian saya bersama Bang Dian Kelana semoga bisa mengispirasi kita semua". Itulah materi yang bisa Omjay sampaikan sebagai pengisi kekosongan materi malam ini.

"Ooh! ternyata begitu", jawab saya dalam hati pantas saja dari tadi kok belum di mulai acara intinya. Tapi tak jadi masalah bagi saya kisah nyata yang disampaikan Omjay ini juga sungguh menggugah dan mengispirasi saya. Dan yang mengispirasi saya dari kisahnya adalah "Berlatih Menulis Tiap Hari Adalah Menjaga Konsistensi Dalam Menulis"

Sebagaimana tema yang saya buat untuk goresan tinta kali ini yaitu "Komitmen Kuat Membuat Janji Erat". Maksudnya kalau kita memiliki komitmen untuk mengerjakan sesuatu dari hati nurani yang kuat mana akan menghasilkan sebuat janji yang erat. Janji untuk menghasilkan suatu karya.

Bagaimana sudah puaskan menelusuri perjalanan diklat pada pertemuan ke - 13. Semoga ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Semangat dan salam literasi. 







13 komentar:

ThoriQ HidayaH's BLOG mengatakan...

Mantap bu herni. Lanjutkan

Khusnul mengatakan...

sip bun, semangat

Wiwit wahyutiningsih mengatakan...

Bagus bun...

Nana Wihana mengatakan...

Mantap dan sempurna tulisannya, lnjutkn 👍👍

Ditta Widya Utami mengatakan...

Wah timestamp? Apakah aplikasi hasil karya dari Pak Eri Teguh SMPN 1 Ciasem Subang?

Tulisannya bagus, Bu. Komitmen kuat = janji ya? Hee ... Siap.

Hernisbanah mengatakan...

InshaAlloh Mba Ditta mudah - mudahan tetap komitmen dan matursuwun komennya

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun juga buat Pak Nana yang selalu mengomentari saya dan mengunjungi blog saya dan maaf saya belum sempet berkunjung ke blog nya bapak. Masih kejar tayang

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun juga buat Bu Wiwit, Bu Husnul dan Pak Torriq atas komennya dan maaf belum bisa berkunjung ke blognya. Masih kejar tayang.

MaifilAndrean, S.Pd mengatakan...

Tulisannya mengalir...bagus bu

MaifilAndrean, S.Pd mengatakan...

Tulisannya mengalir...bagus bu

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun pak Mif atas komentarnya

AAM NURHASANAH, S.Pd. mengatakan...

Mantap. Semangat terus yaa

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun Teh Aam

Puisiku 40