Senin, 01 Februari 2021

Bermodalkan Bismillah

Lomba Blog PGRI 

Tema Menulis Di Blog Jadi Buku 
Goresan Tinta Ku - 1 Ku
Oleh Herni Sunarya Banah, S.Pd.
Instansi : SMP Negeri 2 wangon

Bismillahirrahmannirrahim 

Assalamaallaikum Wr. Wb. Kembali lagi bersama saya Herni Sunarya Banah seorang guru Bahasa Inggris dengan harapannya yang menjulang untuk menciftakan sebuah buku.

Pada malam ini hari senin tanggal 1 Februari 2021 diiringi suasana malam yang cukup bersahabat. Memuculkan  hasrat saya mencoba untuk membuat satu goresan tinta tentang "Bermodalkan Bismillah". Mau tahu alasannya kenapa? dan penasarankan? Ayo kita cari tahu jawabannya!. 

Berawal dari kegiatan diklat belajar menulis gelombang 17 yang diselenggarakan oleh PGRI. Bapak blogger terhebat ini selalu membagikan informasi tentang dunia penididikan dan PGRI. Kebetulan pada hari sabtu tanggal 30 Januari 2021 Beliau menyampaikan informasi tentang lomba blog PGRI dengan bertemakan "Menulis Di Blog Jadi Buku".

Melihat judulnya sangat menarik hingga membuat hati saya tergerak untuk mengikutinya. Namun saat itu juga tersontak sesaat karena munculah keraguan dalam hati saya "Ikut apa tidak yaa?". Ini membuat saya berpikir selama 2 hari dan akhirnya pada kegiatan diklat pertemuan 13 kebetulan Omjay mengisi kekosongan narasumber, Beliau menegaskan kembali tentang lomba blog PGRI.

Berikut sedikit penjelasan tentang lomba menulis di blog diantaranya : 

  1. Lomba dimulai dari tanggal 1 sampai 28 Februai 2021
  2. Setiap peserta wajib mengirimkan url link tulisannya di blog ke email omjaylabs@gmail.com setiap hari selama 28 hari.
  3. Panjang tulisan minimal 300 kata dan maksimal 1500 kata setiap postingannya.
  4. Semua tulisan akan dibukukan dalam buku solo ber-ISBN dengan menuliskan kata pengantar, sinopsis buku, daftar isi, dan biodata penulis.
  5. Tema lomba blog adalah “menulis di blog jadi buku”.
  6. Setiap hari semua peserta harus mengirimkan 1 tulisan dari menulis di blog pribadi dan blog https://terbitkanbukugratis.id. Pastikan anda sudah membuat akun di terbitkanbukugratis.id sebagai syarat tulisan anda dibukukan GRATIS dan ber-ISBN.
  7. Peserta akan mendapatkan hadiah kejutan dari sponsor berupa uang dan barang bagi mereka yang terpilih sebagai pemenang lomba blog di bulan Februari 2021.
  8. Semua peserta lomba blog akan mendapatkan sertifikat digital dan dibagikan ke email peserta.
  9. Peserta wajib mencantumkan logo PGRI dan logo Ikatan Guru TIK PGRI dalam setiap postingan dan mencantumkan nama lengkap dalam setiap postingannya.
  10. Peserta sudah terdaftar sebagai anggota PGRI dan bila belum terdaftar dapat mendaftar Online di pgri.or.id.

Kegiatan lomba blog ini gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali. Pemenang lomba akan diumumkan tanggal 11 Maret 2021 dalam acara webinar yang akan kami selenggarakan bersama penerbit Andi Yogyakarta dan EPSON Indonesia

Dalam kegiatan diklat pada pertemuan ke - 13 Omjay pun menyampaikan syarat - syarat lomba. Beliau juga memberi kesempatan kepada saya dan teman - teman untuk memberikan pertanyaan seputar materi dan informasi yang dipaparkannya pada malam ini. Saya pun memberanikan diri untuk memberikan beberapa pertanyaan dan secara langsung dijawab oleh Omjay. 

Setelah mendapatkan beberapa pengarahan dari Omjay dengan mengucapkan bismillah akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti lomba ini. Dengan bermodalkan bismillah semoga Alloh memberikan banyak ide - ide untuk saya curahkan pada goresan tinta ini. Bermodalkan bismillah semoga saya bisa mengikuti kegiatan lomba ini dengan lancar. Dan bersama bismillah semoga saya bisa menciftakan karya buku sendiri sesuai dengan harapan saya. 


Nah! sekarang bagaimana sudah jelaskan? alasan saya mengambil tema "Bemodalkan Bismillah".  Sebagaimana yang telah tercantum dalam Al-Qur'an bahwa "Makna bismillah memiliki keutamaan dalam kehidupan". Bismillah memiliki arti "Dengan menyebut nama Alloh yang maha pengasih lagi maha penyayang". Ini menandakan bahwa setiap aktivitas manusia hendaknya dimulai dengan menyebut nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang(bimillah).

Semoga semua harapan saya untuk menciftakan sebuah karya berupa buku bisa tercapai.  Melalui keikutsertaan dalam lomba ini bisa mengumpulan goresan tinta yang bisa difahami dan mudah dibaca oleh para pembaca dari manapun  tanpa mengenal usia.

Inilah goresan tinta pertama saya dalam mengikuti lomba blog PGRI. Meskipun banyak tantang yang harus saya hadapi semangat juang membuat goresan tinta tetap berjalan. Ini semata - mata saya curah kan  demi membuahkan hasil sebuah karya yang sangat didamba - dambakan. Sebuah buku yang akan melanglang buana ke seluruh alam Indonesia. Namun jangan lupa satu hal mengucapkan bismillah.

"Bermodalkan Bismillah Semua Harapan Akan Jadi Nyata"
"Aamiin Ya Rabb"



Tidak ada komentar:

Puisiku 40