Senin, 11 Januari 2021

Bisakah Diriku Menulis Secepat Kilat

Oleh Herni Sunarya Banah, S.Pd.

 Assalamuallaikum Wr Wb 

Pada pagi ini saya memulai kegiatan seperti biasa mengajar Online dan kebetulan hari ini saya WFH ( Work From Home ). Pada pukul 07.30 saya memulai mengajar kelas 9G dengan diawali sapaan dengan 5 S ( Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun ) dilanjutkan absensi. Setelah itu pembelajaran pun berlangsung selama 60 menit. Disela - sela rutinitas ini saya kegiatan saya kolaborasikan dengan membuat resume untuk kegiatan diklat tadi malam sebagai berikut :

Pada senin malam tanggal 11 Januari 2021 kegiatan diklat ke - 4 pun dimulai kembali. Diiringi dengan suasana diluar rumah hujan deras dan suhu cukup dingin. Ini menambah semakin bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini. Seperti biasa Sebelumnya diinformasikan bahwa diklat pertemuan ke - akan dimulai pada hari senin tanggal 11 Januari 2021 pukul 19.00 dengan nara sumber yang luar biasa dengan tema "Pengalaman Menjadi Penulis Buku Kilat". Dalam benak saya "Wah ini sangat menarik bisa membuat buku hanya dalam 7 hari kereeen".

Acarapun dimulai dengan dipandu oleh moderator handal yaitu Bapak Bambang atau kita kenal Mr. Bams Beliau juga seorang blogger yang tak kala kreatifnya dengan Omjay. Langsung saja Mr. Bams memperkenalkan narasumber yang Jos untuk pertemuan ke - 4 ini yaitu Bu Eva Hariyati Israel, S.Kom.

Dari Nama saja sudah mengejutkan saya yaitu Israel, ini menandakan bahwa Beliau ilmu sudah melanglang buana bahkan sudah melejit sampai Israel. Contohnya saja tema yang diambil pada diklat saat ini Beliau memberi tema "Pengalaman Menjadi Penulis Buku Kilat". Kata kilat bisa kita bayangkan bahwa kilat kalau diangkasa datangnya melesat dan apakah tidak datang berulang? tentu tidak kilat datang berulang - ulang. Begitu juga dengan karyanya Bu Eva buku - bukunya ini inshaAlloh benar - benar secepat kilat sudah ada karya yang bagus datang lagi karya yang lebih bagus. Itulah Bu Eva dan karyanya.

Untuk mengawali acara Bu Eva meminta saya dan teman - teman yang mengikuti diklat untuk memberikan motivasi mengikuti diklat melalui aplikasi jamboard atau secara bahasa Indonesia adalah sebuah papan motivasi melalui jejaring internet untuk digunakan siswa aktif belajar dengan berkolabolasi dan berinteraksi dengan menggunakan aplikasi seluler. Saya pun ikut berpartisipsi dalam jamboard ini tapi hanya satu slide saja. Setelah mengisi jamboard saya pun diajak untuk melihat blognya Beliau yang saya baca menulis buku kilat hanya 7 hari.

Saya coba membacanya dan memang Bu Eva ini sangat luar biasa Beliau mengawalinya dengan mengikuti diklat menulis gelombang 7 dan Beliau bercerita bahwa pertama memulai membuat tulisan tiga paragraf. Kemudian diberi tugas Omjay untuk mendeskripsikan siomay, kucing, dan anak bayi. Kalau menurut orang yang sudah profesional untuk apa sih menulis tentang siomay, kucing dan anak bayi? itu kan hal paling mudah. Tetapi dibalik semua tugas yang diberikan Omjay itu menuntut peserta nya untuk bisa membuat tulisan dari hal yang terkecil walaupun belum berbobot tulisannya tetapi paling tidak sudah mau belajar menulis.

Dengan belajar dari hal yang terkecil hingga sekarang Bu Eva sudah bisa menghasilkan beberapa buku bahkan diantaranya membuat buku kilat. Ini menjadi motivasi bagi saya. Tapiiii! bisakah saya seperti Beliau menulis secepat kilat hanya dalam 7 hari? 

Meskipun saya berangan - angan yang tinggi membuat buku secepat kilat seperti Bu Eva belum kesampaian paling tidak saya harus bisa membuat buku satu jilid buku saja sudah Alhamdulillah semoga harapan saya tercapai. Terima kasih Bu Eva, Omjay dan para narasumber lain yang selalu menyemangati saya sebagai pumula untuk selalu menulis dan akan saya simpat dihati saya dua judul buku yaitu : "Menulis Sehari Satu Kali dan Menulis Buku Secepat Kilat" sebagai motivsi saya untuk belajar menjadi penulis yang handal.





6 komentar:

Nana Wihana mengatakan...

Narasi dan pilihan diksi udah bagus, cuma klo boleh usul backgroundnya terlalu gelap barangkali bisa diganti dengan warna cerah serta harus marginnya harus menggunakan rata kiri-kanan biar keliatan rapi. Itu ajh masukannya bu, Lanjtkan dan tetap semangat berkarya hingga menghasilkan tulisan yang lebih bagus lagi. Thanks.

Asikin Widi Jatnika mengatakan...

Bagus tulisannya bu. tinggal warna bag jangan hitam...semangat bu.. pasti bisa menulis cepat

Fitria Ratnawati, S.Pd.,Gr mengatakan...

Tulisan ibu sudah cakep Bu, hayo sangat menulis terus kita ya Bu, dari yang awalnya biasa tapi akhirnya spektakuler seperti sekarang, tulisan ibu makin cakep👍😀❤️❤️❤️

MaifilAndrean, S.Pd mengatakan...

Semoga ibu juga bisa mengikuti jejaknya ibu eva dan omjay...Aamiin

sunandar mengatakan...

alhamdulillah sungguh sejuk dan indah membaca aksara yang indah dari ibu guru terasa termotivasi ingin beriringan atau mengiring dari belakang semangat dan kekuatan menulis ibunda... sehat dan sukses slalu bunda...tetap semangat kami tunggu slalu goresan aksara makna ibunda... salam

Hernisbanah mengatakan...

Terimakasih bagi yand sudah singgah diblog saya dan memberikan komentarnya semoga ini menjadi motivasi saya kedepannya.

Puisiku 40