Sabtu, 09 Januari 2021

Ilmu Indah Menulis Sambil Bersilahturahmi

 


Pada hari Jum'at tgl 8 Januari 2021 pada pukul 19.00 kembali memulai kegiatan rutin bersama teman - teman yang ingin berlajar menulis dengan didamping moderator dan juga penulis Profesional Omjay bersama Bu Aam yang selalu energy. Dengan bintang tamu Nara Sumber handal Beliau adalah Bu Sri Sugiastuti, M.Pd.

Acara dimulai dengan membaca basmalah bersama - sama dan dilanjutkan dengan absensi yang dipandu oleh Bu Aam.
Setelah absensi acara intipun langsung dimulai. Acara sepenuhnya milik Bu Sri Sugiastuti atau kita kenal dengan panggilan Bu Kanjeng.

Bu Kanjeng mengawali acara dengan mengajak kami untuk mengunjungi blognya terutama pada postingan yang berjudul "Menulis Adalah Kekuatan Silahturahmi", Saya meresa terenyuh dan terngangah bergitu banyak goresan - goresan indah hasil karya tulis diblognya. Saya juga memfokuskan pandangan saya pada salah satu tulisannya yaitu tentang tanaman herbal yang akan manfaat terutama untuk kesehatan kita.

Setelah mengunjungi blognya Bu Kanjeng saya lanjut ke acara inti fokus pada materi diklat hari ke - 3. Menurut apa yang disampaikan Bu Kanjeng bahwa "Banyak orang beropini menulis itu bakat", dan Beliau juga menegaskan kembali belum apa - apa sudah menyerah perang. Ada yang beralasan tulisannya jelek, tidak punya ide, bahkan tidak bisa menulis. Inilah yang membuat setiap orang tidak ada keinginan maju untuk bisa menulis. Oleh karena itu mindset inilah yang harus kita rubah dengan dimulai dari rasa percaya diri untuk bisa mencurahkan isi hati kita melalui tulisan, membaca - baca buku, sebagai referesi pembelajaran menulis, dan mencari pelatiahan - pelatihan menulis secara Online.

Untuk merubah mindset saya sendiri sudah saya coba beberapa coretan tapi belum berani untuk dipublikasikan namun sejak pandemi melanda ada beberapa diklat - diklat secara Online untuk belajar menulis dan saya memberanikan diri untuk mengikutinya. Pertama saya mengawali dengan mengikuti Publikasi Ilmiah PTK walaupun menurut saya belum ada apa-apanya dengan yang lain. Tapi saya memberanikan diri karena saya ingin bisa menulis. Setelah itu saya lanjut dengan mengikuti diklat ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan saya dalam menulis dan untuk mencapai cita - cita saya minimal membuat 1 buku saja Alhamdulillah.

Oh! ya ngomong - ngomong, Bu Aam memposting beberapa buku Bu kanjeng diantarnya The Stories of Wonder Woman, English is Easy For Kids, Catatan Corona Bu Kanjeng dan Catatan Motivsi Bu Kanjeng. Ini judul buku yang luar biasa semuanya dari judulnya saja orang sudah langsung tertarik membaca. Saya sendiri lebih tertarik untuk membaca The Stories of Wonder Woman dan English is Easy For Kids. Saya menyukai kedua judul ini pertama karena saya guru Bahasa Inggris dan apa lagi yang Wonder Woman dari judulnya saja sudah membayangkan yang luar biasa dari seorang wanita.

Memang betul apa kata Bu Kanjeng menulis itu bisa sambil silahturahmi. Kalau kita tidak silahturahmi dengan membaca buku-buku karya orang dan tulisan - tulisan orang maka ilmunya itu tidak akan indah. Untuk membuat tulisan itu indah maka jangan lupa untuk bersilahturahmi denga beberapa tulisan orang lain. Semoga tulisan yang saya buat malam ini bisa menambah silahturahmi dengan teman - teman yang lainnya.


7 komentar:

Nana Wihana mengatakan...

Wah hebat,... narasinya bagus enak di baca dan backgroundnya juga bikin adem yang mampir. Lanjutkan !

Bunda Utami mengatakan...

TOP deh...lanjut bun..semangaat literasi..

Mujiatun, S.Pd. mengatakan...

Wah, resumenya lengkap dan sistematis. Tetap semangat Bun.

Ahmad Munadi mengatakan...

Mantab

Dadang Huzazi mengatakan...

Pokonya top markotop...

ghurrotus tsaniyah mengatakan...

Keren...

Cak mengatakan...

Keren, menulis tiap hari berbagi rasa berbagi pengalaman, tentuk bukanlah sesuatu yang mudah, banyak tantangannya, bukan hanya memrlukan keterampilan menulis tetatpi butuh ketekutan dan kesungguhan. Selamat, nda telah berhasil melewati itu semua.

Puisiku 40