Rabu, 06 Januari 2021

Pemula Yang Ingin Menjadi Pandai Menulis

 

Pada pagi menjelang siang hari ini saya sudah dihadapkan dengan beberapa aktivitas kegiatan sekolah mulai dari apel pagi, memberikan pembelajaran Online dan sharing dengan beberapa wali murid secara Online. Tapi semuanya itu selalu saya nikmati dan syukuri apalagi dengan diawali dengan membaca basmallah.

Ditengah - tengah aktivitas saya yang agak padat saya masih ingat dengan pesan Omjay sehari satu tulisan walaupun tulisan saya entah berbobot atau tidak tapi saya berusaha untuk belajar. Oleh karena itu pagi menjelang siang ini saya akan mencoba membuat tulisan tentang kegiatan diklat tadi malam.

Pada Rabu malam tanggal 6 Januari 2021 saya melakukan kegiatan diklat untuk hari ke-2 dengan narasumber tak kala profesional juga Beliau adalah Bu Rita Wati, S.Kom. Beliau adalah seorang penulis yang handal, juara satu dalam Speech Contest, Finalist English Essay Competition in 2013. Setelah membaca profil Bu Rita dan disitu ada beberapa prestasi tentang bahasa Inggris saya jadi penasaran sebenarnya Beliau ini ngajar komputer atau bahasa Inggris sih? pengalamannya dan prestasi di bahasa Inggris sangat luar biasa. Saya jadi melasa malu pada diri sendiri saya seorang guru bahasa Inggris tapi belum bisa berprestasi seperti Bu Rita.

Kembali ke kegiatan diklat hari ke-2 dimana kegiatannya berisi tetang Trik Jitu Menulis Untuk Pemula. Menurut Bu Rita ada beberapa kiat - kiat dalam menulis bagi pemula diantaranya menentukan tujuan atau motivasi menulis, setelah kita memiliki tujuan atau motivasi kita lanjutkan menulis apa saja yang ada dalam pikiran dan tuangkan semua ide - ide yang ada minimal kita tuangkan 100 atau 150 kosa kata. Setelah kita belajar menuangkan ide - ide minimal 150 kata kita tingkatkan tulisan kita menjadi pentigraf dan lama kelamaan bisa mencapai 1000 kata perhari.

Ketika ini mulai terbiasa kita buatkan peta kosep atau TOC untuk dijadikan sebuah buku. Dan bahkan kita bisa bergabung dalam menulis buku Antalogi. Itulah kiat - kiat yang Bu Rita sampaikan ketika ingin menjadi penulis yang masih pemula. Setelah mempelajari kiat - kiat yang disampaikan oleh Bu Rita saya semakin ingin menjadi pandai dalam menulis. Walaupun baru beberapa kalimat yang bisa saya tuangkan dalam tulisan. Ini pun masih banyak kekurangan. Saya harus lebih banyak lagi belajar tentang penulisan secara EYD. Terkadang kita lupa akan penulisan sesuai kaidah EYD bahkan mungkin lupa materi ini karena sudah lama kita tidak mengingatnya.

Tantangan bagi saya sekarang adalah belajar menulis sehari sekali dengan menerapkan kiat - kiat yang disampaikan Bu Rita supaya bisa menjadi Pemula Yang Pandai Menulis. Terima kasih Bu Rita atas saran dan ilmunya.







10 komentar:

AAM NURHASANAH, S.Pd. mengatakan...

Mantap. Semangat terus ya

Mujiatun, S.Pd. mengatakan...

Mantap dan menarik tulisannya Bun. Silakan kunjungi blog saya🙏

Miftahul Hadi, S.Pd., Gr. mengatakan...

mantap bu, semangat literasi semangat menginspirasi

Rita Wati mengatakan...

Tulisannya ngalir banget bun. keep writing and sharing ya, Don't worry i believe your English better than me.

Unknown mengatakan...

Keren Bu her, semangat terus bunda syantik 👍

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun kepada yang sudah komentar dan semoga ini bisa menjadi penambahan ilmu buat saya

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun juga buat Bu Rita untuk komentar yang membangun buat saya dan setelah saya buka blognya Ibu sungguh luar biasa dan saya bertanya pada diri saya sendiri bisakah blognya saya seperti blognya Bu Rita?

Diaryku mengatakan...

Siiip lah temanku yang satu ini great teacher

Khusnul mengatakan...

mantul

@rdpian mengatakan...

Keren Bu Herni, resume nya bagus.

Kunjungi blog sy bu
Https://ompianpjj.blogspot.com

Puisiku 40