Senin, 18 Januari 2021

Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Menulis

Pada Malam ini saya mulai mengawali menulis kembali dengan mencoba untuk membuat resume diklat pertemuan ke - 6. Setelah beberapa hari ini saya disibukan dengan kegiatan keluarga. Meskipun telat dalam menulis tetapi tetap semangat dan tidak ada kata terlambat bagi saya. Pada malam ini juga saya akan membuat sedikit goresan tentang kegiatan saya pada hari Jum'at lalu.

Pada jum'at yang lalu tanggal, 15 Januari 2021. Masih ingatkan dengan kegiatan rutinitas saya beberapa minggu ini? ya mungkin ada yang masih ingat yaitu kegiatan diklat. Kegiatan diklat dihari jum'at yang lalu dimulai pada pukul 19.00. Seperti biasa kegiatan ini diawali oleh Omjay dengan memperkenalkan moderator yang luar biasa yaitu Pak Sucipto Adi beserta narasumber yang handal dan cekatan yaitu Bu Theresia Sri Rahayu, S.Pd., SD.

Acarapun dimulai dengan membaca basmallah bersama dengan dipandu oleh Pak Sicipto Adi setelah itu acarapun dilanjutkan pada acara Inti yaitu penyampaian materi oleh narasumber dimana tema yang akan dipaparkan adalah "Blog Sebagai Identitias Bagi Guru Milenial". Bu There mengawali pemaparan materinya menceritakan kenapa Bu There merasa senang dan bahagia dalam memanfaatkan blog pribadi untuk menulis. Beliau memanfaatkannya untuk menulis hal - hal yang Bu There rasakan, peristiwa yang Beliau alami termasuk tugas - tugas sekolah, seperti menulis materi - materi pembelajaran saat pembelajaran daring dan membuat langkah - langkah penilaian.

Sebagai seorang guru harus bisa memanfaatkan blog untuk menulis terutama diabad milenial. Saya dihadapkan dengan para peserta didik yang milenial mereka mengenal jauh tentang IT dan jejaring internet. Untuk menyimbangkan perkembang peserta didik dan perkembangan zaman saya harus bisa mulai belajar tentang IT dan jejaring internet terutama tentang blog. Blog tidak hanya untuk menulis apa yang saya rasakan tetapi bisa juga untuk membuat materi - materi terkait pembelajaran sesuai dengan apa yang disampaikan Bu There. Ini dilakukan semata - mata untuk membuat peserta didik kita supaya tidak mengalami kejenuhan didalam proses belajar mengajar terutama diera pandemi ini.

Untuk membuat blog supaya lebih kreatif dan milenial ayo! kita ramaikan dengan membuat berbagai macam tulisan yang beragam. Tetapi jangan sampai lupa ada beberapa tips supaya blog itu menarik dan berkualitas diantaranya seperti yang tertera dibawah ini :


Selain tips yang diatas untuk menjadi seorang blogger harus membagikan tulisan - tulisan sesuai identitas kita. 

Hanya inilah goresan yang bisa saya buat malam ini sedikit mengulas tentang kegiatan pada hari jum'at yang lalu semoga bisa memuhi syarat untuk menjadi guru blog milenial. Walaupun terlambat tapi tetap semangat untuk menjadi guru dengan predikat blogger milenial. Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih teruntuk Omjay yang selalu menyemangati saya dan teman - teman, Pak Cipto selaku moderator dan Bu There selaku narasumber terimakasih atas semua ilmunya.




13 komentar:

Wijaya kusumah mengatakan...

terima aksih sdh engerjakan tugas resumenya dengan baik

Miftahul Hadi, S.Pd., Gr. mengatakan...

keren, mantap dan luar biasa. semangat berkarya, semangat menginspirasi

Hernisbanah mengatakan...

Matursuwun kepada Omjay yang telah memberikan komentarnya serta berkenan mengunjungi blog saya dan juga kepada pak Miftahul Hadi yang sudah mengunjungi blog saya

Yedi Junaedi mengatakan...

Sudah keren ...saya suka

Ully mengatakan...

Belajar sepanjang hayat. Membaca dan menulis sepanjang hayat juga ya Bu Harni

Bunda Utami mengatakan...

Mantaap...semangat literasi bu..

https://gupres2020.blogspot.com/2021/01/rekam-jejak-penulis-antar-masa.html

https://yuliasmanofficial.blogspot.com/ mengatakan...

super menarik tulisannya ..

Cak mengatakan...

Tulisan yang menarik

Mujiatun, S.Pd. mengatakan...

Sangat menginspirasi Bu Erni. Tetap semangat berliterasi.

Sri Marwaningsih, S.Ag., M.Pd. mengatakan...

Semangat terus bu, bagus tulisannya

Cak mengatakan...

Andai saja saya bisa selancar itu menulis Tentu saya akan menulis tentang banyak hal namun kemampuan saya ya ternyata sangat terbatas. Selamat menulis dengan lancar Insya Allah sukses

Nana Wihana mengatakan...

Mantap. Semoga tetap semangat berkarya dan menginspirasi. Good job.

Kumpulan karya tulis mengatakan...

Salam kenal.bgus skli tulisannya.
Sudah menginspirasi.Terima kasih.

Puisiku 40